Jumat, 26 April 2013

Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw

Metode mengajar tipe Jigsaw ini pernah saya coba saat penelitian guna penulisan skripsi waktu masih kuliah dulu. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa metode ini efektif sekali dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu dengan metode ini siswa belajar mandiri, tanggung jawab dan bekerja sama. Sekarang, setelah menjadi guru, ingin sekali saya coba menerapkan metode menagajar tipe Jigsaw ini tetapi ada beberapa kendala yang mambuat saya merasa sulit untuk menerapkan metode ini, antara lain:
  • Peserta Didik. Jumlah peserta didik yang banyak dalam satu kelas menyulitkan saya untuk membagi siswa kedalam kelompok-kelompok kecil. Selain itu pembagian materi pun akan menjadi sulit bila jumlah siswanya banyak dalam satu kelompok.      
  • Sumber belajar. Kekurangan sumber belajar berupa buku pegangan siswa menjadi kendala berikut dalam menerapkan metode ini. 
Ironis memang menurut saya, karena yang pertama; metode ini sudah membantu saya meraih gelar sarjana saya dan yang kedua: metode ini sudah saya buktikan sendiri keefektifannya dalam meningkatkan hasil belajar siswa, tetapi sampai saat ini belum bisa saya terapkan dalam proses belajar mengajar di temapt ssaya bekerja sekarang. Metode konvensoinallah satu-satunya andalan saya saat ini.
Harapan saya semoga saja metode Jigsaw tidak menjadi batu loncatan untuk meraih gelar sarjana tetapi benar-benar bisa saya terapkan dalam proses belajar mengajar sehingga bukan hanya prestasi siswa yang ditingkatkan tetapi siswa juga dididik untuk menjadi manusia sosial yang bertanggung jawab. 

Semoga...:)



                             Siswa-siswi SMA Negeri 1 Pemalang (Kelas Eksperimen)



       Kenangan saat Penelitian dengan menggunakan Metode Jigsaw pada SMA Negeri 1 Pemalang

Tidak ada komentar: