Sabtu, 11 Mei 2013

Berliner Strassen Kunstler (Seniman Jalanan Berlin)




          Video ini saya ambil sekitar tahun 2009 di Kota Berlin tepatnya di depan Reichstag. Saat itu saya bersama salah seorang teman sedang berada dalam baris antrian masuk ke dalam Reichstag. Antrian yang begitu panjang ditambah lagi dengan suasan dingin waktu itu membuat kami hampir putus asa tetapi tiba-tiba datanglah para seniman jalanan menghibur kami. Segera saya mengeluarkan kamera dan mengabadikan moment ini. 
          Kunstler atau Seniman dalam bahasa Indonesia adalah istilah subyektif yang merujuk kepada seseorang yang kreatif, atau inovatif, atau mahir dalam bidang seni. Penggunaan yang paling kerap adalah untuk menyebut orang-orang yang menciptakan karya seni, seperti lukisan, patung, seni peran, seni tari, sastra, film dan musik. Seniman menggunakan imajinasi dan bakatnya untuk menciptakan karya dengan nilai estetik.
          Saat berada di kota tersebut saya banyak sekali menemui Strassen Kunstler (Seniman Jalanan). Ada yang solo ada pula yang berkelompok seperti dalam video di atas. Mereka dengan gayanya dan kreasinya masing-masing menunjukkan kemampuan seninya. Berbeda tentu saja dengan pengamen atau penyanyi jalanan yang hanya duduk bernyanyi diiringi dengan dengan alat musik yang dimainkan. Para seniman dalam hal ini seniman jalanan lebih menggunakan rasa dan daya imajinasinya dalam menghibur. Tentu saja lebih menarik rasanya untuk menyaksikan para seniman dari pada penyanyi jalanan.  

 Referensi: www.wikipedia.com

Tidak ada komentar: