Jumat, 07 Februari 2014

SMA Negeri 1 Wolowaru


SMA Negeri 1 Wolowaru adalah sebuah sekolah lanjutan tingkat atas negeri yang terletak di desa Nakambara, Kecamatan Wolowaru, Kabupaten Ende, Propinsi Nusa Tenggara Timur. Sekolah ini didirikan pada tahun 1988 dan diresmikan menjadi sekolah negeri pada tahun 1990. Adapun Visi dan Misi dari sekolah ini sebagai berikut:
Visi Sekolah: 
”Dengan berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa   mampu mewujudkan lulusan yang unggul, baik dalam  ipteks maupun imtaq”
Misi Sekolah: 
1.Melaksanakan kegiatan belajar - mengajar secara efektif serta kegiatan penunjang untuk melancarkan kegiatan belajar mengajar
2.Menyelenggarakan kegiatan bimbingan dan latihan serta program belajar tambahan
3.Membina dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler
4.Membina disiplin sekolah
5.Membina dan mengembangkan kegiatan peduli sesama
6.Membina dan mengembangkan kegiatan kemasyarakatan
7.Mengembangkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianutnya
8.Membuka Akses belajar kepada siswa dan masyarakat
  
Sekolah yang berakreditasi B dengan nilai 77,40 ini memiliki 456 siswa, yang terdiri dari 176 siswa/i kelas X, 120 siswa/i kelas XI dan 158 siswa/i kelas XII. Kurikulum yang digunakan yaitu masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).


SMA Negeri 1 Wolowaru memiliki 16 ruang kelas yang terdiri dari 5 ruang kelas X, 5 ruang kelas XI, dan 6 ruang kelas XII. Saat ini sekolah ini sedang membangun 2 Ruang Kelas Baru (RKB). Adapun tiga jurusan yang terdapat di sekolah ini yaitu Bahasa, IPA dan IPS. Selain ruang kelas sekolah ini juga memiliki gedung-gedung penunjang kegiatan belajar mengajar lainnya, seperti:  Perpustakaan, Laboratorium (Fisika dan Kimia), Komputer (dalam tahap pembangunan) dan Aula.

 

Sekolah yang dipimpin Oleh Bapak Yohanes Albinus Minggu, S.Pd ini memiliki 44 Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Dengan rincian 16 PTK PNS, 26 PTK Komite dan 2 Pegawai Kontrak Daerah.   


Demikian gambaran singkat tentang SMA Negeri 1 Wolowaru tempat saya mengabdi. Sebagai salah seorang PTK di tempat ini tentu saja saya berharap agar sekolah ini terus maju dan terus membenah diri baik dari segi infrastuktur, maupun akademik. 

Dalam gambar-gambar berikut bisa kalian saksikan lebih banyak lagi tentang SMANSA Wolowaru. 















Tidak ada komentar: